14 Okt 2009

Perekrutan CPNS Kabupaten Tahun 2009

Bantaeng dapat Jatah 420 CPNS

KESEMPATAN bagi peminat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di bantaeng terbuka lebar. pada tahun 2009, bantaeng kebagian jatah 420 CPNS. Mereka yang diterima adalah tenaga kesehatan, tenaga pendidik, serta tenaga teknis lainnya. Dari jatah tersebut, 68 diantaranya adalah kuota bagi tenaga honorer yang namanya sudah tercatat dalam data base. Sedangkan sekretaris desa yang diangkat menjadi CPNS sebanyak 24 orang. Jadi, jatah yang tersisa untuk umum tinggal 328 orang.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Bantaeng, Zainuddin, mengatakan hingga saat ini belum menerima jadwal kapan penerimaan CPNS di buka, namun kemungkinannya akhir bulan Oktober 2009. Mengenai Formasinya, sampai sekarang juga belum diketahui tentang Formasi apa yang akan diterima, itu disesuaikan masing-masing kebutuhan, kata Zainuddin SKPD, akhir pekan lalu.

Pendaftar CPNS Wajib Lampirkan AK-1
Kuota Jeneponto 465 Orang

BANTAENG -- Jelang dibukanya pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2009, kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja, padat. Umumnya pengunjung adalah warga yang mengurus kartu tanda pencari kerja (AK-1) sebagai salah satu persyaratan mendaftar sebagai CPNS.

Di Bantaeng misalnya, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja setiap harinya mengeluarkan sekira 50 lembar kartu AK-1. Hal itu diakui Kadis Sosial, Hasanuddin Saleh, Selasa, 13 Oktober. Banyaknya pengurus kartu AK-1, diakui Hasanuddin, tidak lepas dari pengaruh dekatnya jadwal pendaftaran CPNS.

"Pengambilan kartu kuning yang membeludak memang disebabkan pendaftaran CPNS dalam waku dekat ini," jelasnya. Dinas Sosial, kata dia, tidak memungut biaya sepeserpun dari pengurusan kartu kuning.
"Memang dulu ada pungutan, tapi peraturan daerah yang mengatur hal itu telah dicabut, jadi tidak ada lagi istilah pungutan," jelasnya.

Kelengkapan berkas yang harus dibawa saat mengurus kartu kuning, tutur Hasanuddin, sama dengan sebelum-sebelumnya. Hanya dengan membawa fotokopi ijazah yang telah dilegalisir dan KTP.
Selain itu, pengurusan kartu kuning melayani semua warga. "Bukan hanya warga yang ber-KTP domisili Bantaeng, warga dari luar Bantaeng juga bisa mengambil kartu kuning di sini," jelasnya.

Sudah Turun

Formasi CPNS umum 2009 Pemkab Bulukumba, akhirnya turun dari Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (Meneg PAN), dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Formasi CPNS tersebut saat ini sudah di tangan BKDD Bulukumba.

Sayangnya, pengumuman formasi CPNS tersebut sampai saat ini masih ditunda menyusul jadwal yang disepakati dengan pemerintah provinsi belum ada. Kepala Sub Bidang Pengembangan Karir BKDD Bulukumba, Nur Jalil, Selasa, 13 Oktober menjelaskan, formasi CPNS umum pemkab itu sudah turun namun pihaknya belum ada kepastian untuk mengumumkan formasi tersebut.

Pihak terkait beralasan, pemerintah masih menunggu jadwal pengumuman formasi yang akan ditetapkan BKD Sulsel. "Yang pasti pertengahan Oktober ini sudah ada pengumuman. Kita tinggal menunggu kesepakatan jadwal dengan provinsi, karena pengumuman hingga seleksi CPNS ini akan dilakukan secara serentak di semua kabupaten," jelasnya.

Belum Ditentukan

Sementara itu, Kepala BKDD Jeneponto, A Baharuddin BJ belum memastikan jadwal pendaftaran CPNS tahun ini. "Soal itu, kita akan bahas di kantor Gubernur Sulsel, bersama BKDD seluruh kabupaten," ujarnya, kemarin.

Rapat tersebut, katanya, sekaligus membahas teknis dan persyaratan penerimaan CPNS tahun ini. Sedangkan jumlah formasi yang diterima tahun ini, sebanyak 465 orang. Formasi itu terdiri atas tenaga teknis 34 orang, tenaga guru 197 orang, tenaga medis 103 orang, sekdes 19 orang dan honorer 112 orang.

Namun rincian formasi tentang jurusan belum diterima. "Persyaratan mutlak yang harus di penuhi peserta CPNS melampirkan KTP dan kartu kuning saat melakukan pendaftaran. Serta tidak tertutup kemungkinan pendaftar dari luar bisa saja mendaftar di Jeneponto, dengan menggunakan KTP Jeneponto," ujarnya. (man-lom-sah)




Tidak ada komentar: